[Refresh] Film Pendidikan yang Wajib ditonton

Bagi saya, film masih menjadi urutan pertama untuk mengisi sela-sela hari yang kosong, sebelum buku. Daripada menghabiskan waktu untuk nonton acara TV yang semakin ke sini semakin tidak mendidik. Tidak hanya pas cuti, adakalanya di sela rutinitas bekerja, saya juga sempatkan nonton film.

Nah, dari semua film yang sudah saya tonton, ada beberapa yang menurut saya inspiratif banget. Tapi biar nggak terlalu banyak judulnya, kali ini saya batasi untuk film yang bertajuk tentang pendidikan. Daftar dan sedikit ulasan ada di bawah, jadi silakan dipilih untuk dijadikan wishlist anda.

Every Children is Special

Sumber: andreyaban.files.wordpress.com/
Film bollywood yang pernah saya jadikan pilihan untuk nonton bareng sewaktu mahasiswa. Selain "Three Idiot" yang tentu saja menjadi bekal saya untuk mengubah cara pandang pendidikan, film ini semakin membuat saya yakin bahwa tidak ada yang bodoh di dunia ini. Hanya salah tempat saja.
Film ini mengajarkan kepada kita bahwa setiap anak punya bakat masing-masing yang tidak bisa di-samarata-kan. Pengajar juga harus faham karakter murid, tidak harus memaksa murid mendapat nilai sempurna di segala aspek pelajaran. Lemah dalam hitungan bukan sebuah parameter untuk menentukan murid cerdas atau bodoh. Bisa saja dia lebih pandai melukis daripada anak lain yang pandai hitungan. Ya, begitulah ringkasan yang saya cerna dari film ini. Menteri Pendidikan wajib nonton film ini, jangan Harum dan Ringgo.

Freedom Writer

Sumber: www.imdb.com
Salah satu film yang true story. Freedom Writer berkisah tentang sebuah sekolah yang salah satu kelasnya berisi anak-anak nakal. Ditambah lagi dengan beraganya suku, warna kulit, serta latar belakang. Jadi terbayang bagaimana kerasnya usaha seorang guru untuk membuat kelas menjadi kondusif. Terpujilah seorang guru yang mampu bertahan sampai bisa merubah masa depan para murid itu dari "madesu" hingga mendapat pencerahan. Dengan metode belajar yang di luar akal, Si Guru secara konsisten ditambah stok kesabaran yang unlimited merubah stigma negatif terhadap muridnya menjadi prestasi yang luar biasa. Ini juga wajib ditonton sama Menteri Pendidikan. Jangan Harum dan Ringgo.

Remember the Titan

Sumber: amazon.com
Masih berbau SARA. Jika dua daftar film di atas bertajuk pendidikan, Remember the Titan menyatukan perbedaan dengan tim olahraga. Ini juga true story, loh. Seorang pelatih American football datang menggantikan yang lama. Dia seorang kulit hitam (Denzel Washington). Yang dilatih beragam, kulit hitam dan kulit putih. Warna kulit menjadi isu yang rasanya hingga kini masih menjadi perhatian, selain jilbab dan jenggot tentu saja, di Amerika sana. Awalnya Si Pelatih diremehkan oleh para muridnya. Namun dengan metode yang tepat, Si Pelatih akhirnya dapat menoreh senyum bangga.

Beberapa film yang saya tulis di atas berbau tentang pendidikan. Jadi bapak menteri pendidikan dan para guru wajib untuk menonton ini. Biar apa? Biar kualitas pendidikan di Indonesia tidak stag hanya di kurikulum yang membosankan. Setuju kan dengan saya kalau sekolah itu membosankan?

Colek dulu kalau gitu si Pak Menteri: Muhadjir Effendy

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[RESENSI] BUKU: Kura-Kura Berjanggut

[EXTRA] Keuangan

[Cuti Kemana] Serunya Bermain Salju di Panama Park Bandung